Berita

Deklarasi Pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (LAM-PT Hukum) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Hukum Indonesia (LSPHI)

Jakarta, 20 Mei 2015 Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara bekerjasama dengan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) dan Asosiasi Profesi Hukum Indonesia (APHI) serta Asosiasi Penyelenggara Program Studi Hukum Ilmu Indonesia (APPSIHI), menyelenggarakan acara Deklarasi Pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Hukum (LAM-PT Hukum) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Hukum (LSP-Hukum) serta Diskusi Panel tentang "Peningkatan Kualitas Pendidikan Hukum Indonesia di Era Globalisasi" dengan Pembicara Utama Ketua Mahkamah Konstitusi RI (Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S.). Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Mahkamah Agung, Pimpinan Mahkamah Konstitusi RI, Pimpinan Yayasan, Pimpinan Universitas, Pejabat Kopertis III, Ketua LAM-PT Pusat APTISI, Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia dan pengurus ketiga organisasi/ asosiasi tersebut.

Dekan Fakultas Hukum Untar (Dr. Ahmad Sudiro, S.H., M.H., M.M.), yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Profesi Hukum Indonesia dan Penasehat Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada saat ini yang menjadi prioritas utama bagi penyelenggaraan pendidikan hukum Indonesia adalah masalah pembinaan dan peningkatan serta pengembangan kualitas pendidikan hukum dalam rangka menghadapi kancah persaingan global yang semakin ketat dan terus mengalami dinamika sesuai dengan perkembangan masyarakat internasional. Hal ini yang membuat Pemerintah terus mengeluarkan berbagai ketentuan dan regulasi yang di dalamnya mengatur mengenai hal di atas. Oleh karena itu sejalan dengan regulasi pemerintah tersebut, maka Deklarasi Pembentukan LAM-PT Hukum dan LSPHI merupakan implementasi Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 87 Tahun 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Share This :

Related Post